BUSINESS INTELLIGENCE PADA PT Financial institution Mandiri (PERSERO) Tbk

Business Intelligence adalah sekumpulan teknik dan alat untuk mentransformasi dari information mentah menjadi informasi yang berguna dan bermakna untuk tujuan analisis bisnis. BI dapat digunakan untuk mendukung sejumlah besar keputusan bisnis mulai dari operasi sampai strategis. Istilah Enterprise Intelligence (BI) pertama kali didengungkan pada tahun 1958 oleh seorang peneliti dari IBM yang bernama Hans Peter Luhn. Dalam perancangan dan pengembangan ETL, kualitas data, fleksibilitas sistem dan kecepatan proses adalah perhatian utama.

Dalam proses ini pada umumnya melibatkan data set dalam jumlah besar yang tersimpan dalam datawarehouse. BI pun menjadi terbuka untuk digunakan oleh analis profesional dan peneliti, yang knowledge olahannya bersifat sekunder. Menurut Codd et al (1993) yang dikutip oleh Niu (2009), OLAP memungkinkan manajer untuk secara efisien mendalami data bisnis dari berbagai dimensi analisis melalui operasi pengirisan, pemotongan dan pendalaman.

2. Hubungan Enterprise Intellegence dengan Information Ware Home. Pada period globalisasi yang telah dikemukakan sebelumnya, bahwa kompetisi antar perusahaan semakin meningkat dan ketat. Kumpulan teknologi dan aplikasi sistem terkomputerisasi yang mendukung hal di atas.

Oleh karena itu pihak perusahaan khusus nya perusahaan perbankan, menggunakan suatu metode yang dikenal sebagai Enterprise Intelligence. Ada berbagai macam jalan dan cara untuk berbagai macam tipe pekerjaan ketika berurusan dengan cube. Data warehouse queries pada umumnya sudah didefinisikan oleh pengembang data warehouse.business intelligence

Dan jika tidak ditangani dengan disiplin yang baik pada tahap pengembangannya, information cenderung menjadi “kotor”. Saat ini penerapan Enterprise Intelligence begitu banyak karena membawa manfaat yang besar bagi perusahaan. Proses KDD secara garis besar memang terdiri dari 5 tahap seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

D. Mengambil knowledge yang telah diubah tersebut ke dalam lokasi yang tersentralisasi tersebut. BI berfungsi untuk membantu dalam membuat keputusan perusahaan atau bisnis secara cepat dan akurat. Strategis disini artinya adalah dapat mendukung pengambilan keputusan dalam frame waktu yang semakin baik dari hari ke hari.business intelligence

Sebagai solusi yang sangat bergantung pada data berkualitas tinggi, solusi BI akan menghasilkan informasi yang akurat jika sumber datanya baik dan akan menghasilkan informasi yang salah jika sebaliknya. Within the second step the entire group sits together and goes over the prepared excessive degree estimates and timelines after which comes up with an agreed timelines for the subsequent few months.